Beranda > Curhat, Linux > Napak Tilas OpenSUSE

Napak Tilas OpenSUSE

openSUSE Logo

openSUSE Logo

Pertama kali kenal Linux sewaktu ane STM dan kerja di Warnet CityNet Bandar Lampung, kira-kira tahun 2004-2005. Waktu itu ane benar-benar takjub, diperlukan 12 CD untuk menginstall 1 sistem operasi saja! Wooow… *komprol…* Ane waktu itu paling banter cuma bisa install Windows XP dengan 1 CD saja, itupun bajakan pula.. Ups!😀

Waktu itu Linux dipake buat DVB server & Router (barang apaan nih pikir ane). Usut punya usut, ternyata itu sistem operasi namanya Linux Fedora Core 2. Yang bikin ane tertarik disitu administrator bisa mengatur semua kebutuhan server cuma lewat command line, diketik boo… Ga pake GUI (Graphical User Interface), dan perintahnya aje gile,,, panjang-panjang… Waktu itu ane mikir, wah sakti banget ini orang. Dan kerennya, koneksi internet yang dihasilkan dari konfigurasi ini kenceng banget. Di Bandar Lampung waktu itu ngga ada warnet yang punya kecepatan melebihi warnet kami. Walhasil, warnet selalu penuh, sampe pada ngantre diluar.. Ck..ck..ck…

Mulai lah ane gerilya dari satu toko komputer ke toko lainnya buat cari CD Linux. Dan waktu itu yang ane temukan malah Mandrake 9.1 (nenek moyang Mandriva sekarang), bukan Fedora seperti yang ane mau, tapi it’s OK lah dari pada ngga sama sekali. Jadilah ane install tu Mandrake dan hasilnya: GUI ngga keluar. Payah, nyerah? Ga akan! Ga ada kosakata itu dalam kamus ane. Next: install ulang lagi😀. Hasilnya? OK, GUI keluar, cuma ini soundcard ko’ ngga bunyi😦 padahal kalo di Windows bisa…. hahahaha…. Walhasil ane akhirnya pake tuh Linux tanpa soundcard.

Lain waktu ane maen lagi ke toko komputer yang tempo hari. Dan ane liat ada versi baru dari Mandrake, ya,,, versi 10. Hmm.. Boleh juga nih,, Akhirnya ane install tuh Mandrake 10.0 ke komputer riset (aslinya komputer temen ane, Indra Kusuma, tapi kita coba install apapun kesono buat belajar bareng. hehehe…). Aje gile,, ini Mandrake 10 sangat user friendly, semua device langsung detek, MP3 langsung bisa puter, data di Windows juga dikenali, rasanya sesuatu banget waktu itu,, Disaat semua pake Windows, ane coba tampil beda dengan pake Linux😀. Dan waktu itu, pengguna Linux adalah orang-orang paling keren. hehehe…

Beberapa waktu kemudian, dateng temen ane, Derwan Dani bawa CD SuSE Linux 9.1, terus ane coba buat install di salah satu komputer warnet. Hmm.. Pandangan pertama begitu menggoda, tampilan GUInya bener-bener shining,, belum pernah ane liat dekstop yang begitu menawan, melebihi semua sistem operasi waktu itu. Denger-denger,, waktu itu SuSE memang terkenal punya desktop yang paling cantik.

Apakah semuanya lancar? Ngga’! Kali ini bukan komputer yang ngambek, tapi Si Bos, hahaha… Ane dimarahi habis-habisan ama si Bos yang ngga terima ada satu komputernya yang di install Linux tanpa sepengetahuan dia. Dia takut pelanggannya pergi, takut pelanggan yang ga familiar dengan Linux meninggalkan warnetnya dan memilih yang lain. Sebenernya bukan mutlak salah ane, ane inget waktu itu si Bos pernah bilang: “silakan kalian gunakan komputer-komputer itu buat belajar“. Secara, memang dia Bos ane.  Tapi dia juga  guru kejuruan ane, dia tarik ane kesini buat kerja sambil belajar. Jadi ane merasa ngga ada masalah kalo ada satu komputer aja yang ane install Linux. hehehe,,,

Setelah ane punya komputer sendiri, ane coba install SuSE Linux 10.0, alhamdulillah bisa bertahan sampe ane kuliah semester 3 tahun 2007. Sebenernya buka cuma tampilan yang buat ane jatuh hati ama ini Linux, tapi juga integrasi semua layanan dengan tool namanya YaST (Yet Another Setup Tool). Coba, kalo sekarang ane minta ente cari software yang selengkap dan se-powerfull YaST. Dia tangani semua manajemen di komputer, mulai dari Software Manajemen, System Setting, Booting, Recovery, Backup, Disk Management, Server Manajemen, Network Service, Hardware, Security, dll..

Ane juga sempet nyoba banyak distro yang laen. Caranya? Kebetulan ane punya kenalan toko yang langganan majalah komputer. Nah,, disana biasanya ada bonus DVD, jadi ane bisa ikut nyicipin distro-distro yang baru release. Maklum, harga CD program waktu itu bagi ane tergolong mahal. hehehe.. Ane pernah coba dari KNoppix (Mbahnya Linux yg bisa Live CD), Ubuntu, dll.. Waktu itu Knoppix cukup menggemparkan karena kita bisa menjalankan sistem operasi tanpa harus install dulu.

Semester 3 akhir, lagi-lagi tantangan dateng, waktu itu ane diterima sebagai web programmer di Department IT AMIKOM (sekarang Innovation Center), disini ane harus berurusan dengan semua hal yang berbasis Windows. Semua orang develop aplikasi pake Windows, tidak ada yang pake Linux. Karena memang masih agak sulit setting tools programming yang memenuhi kebutuhan tempat ini, ditambah lagi dengan lingkungan development software yang masih berbasis Microsoft. Seakan-akan mereka mau bilang: “Linux? apaan tuh, kalo mau cepet ya pake Windows”. Dan memang bener, awalnya ane sempet keteteran develop aplikasi pake Linux. Dari milih editor (biasanya pake Dreamwaver atau Notepad++) setting server dll.. Tapi ane ngga nyerah, dan lama-lama jadi terbiasa pake Linux untuk semua urusan. Sampe sekarang. hehehe…

Ini gambar-gambar yang ane simpen dari permulaan pake SuSE sampe sekarang:

Java EE Server Di SuSE 10.0

Java EE Server Di SuSE 10.0

WindowMaker SuSE 10.0

WindowMaker SuSE 10.0

XGL di openSUSE 10.3

XGL di openSUSE 10.3

XGL di openSUSE 10.3

XGL di openSUSE 10.3

openSUSE 11.1

openSUSE 11.1

openSUSE 11.1

openSUSE 11.1

openSUSE 11.1

XGL di openSUSE 10.3

XGL di openSUSE 10.3

Cinelerra Movie Editor Di openSUSE 11.1

Cinelerra Movie Editor Di openSUSE 11.1

Desktop openSUSE 12.2

Desktop openSUSE 12.2

Desktop openSUSE 12.2

Desktop openSUSE 12.2

openSUSE 12.2 with DreamDesktop

openSUSE 12.2 with DreamDesktop

Akhirnya, thx’s karna udah mau meluangkan membaca pengalaman ane yang GJ ini, semoga tidak menambah beban hidup ente. Loh?

Kategori:Curhat, Linux
  1. boby fahlevi
    25 Desember 2012 pukul 4:10 pm

    Rajin banget bapak ini hehehe

  1. 22 Desember 2012 pukul 1:28 pm
  2. 22 Desember 2012 pukul 1:52 pm

Tinggalkan Balasan

