Beranda > Curhat, Inspirasi, Motivasi, Nasehat > Meraih Kemandirian Bangsa Di Bidang Teknologi Informasi

Meraih Kemandirian Bangsa Di Bidang Teknologi Informasi

Kemandirian Bangsa

Kemandirian Bangsa

Kemandirian merupakan suatu ciri dari bangsa yg siap untuk menjadi bangsa yg kuat. Kemandirian dalam bidang ekonomi ditandai dengan banyak menggunakan produk buatan sendiri. Kemandirian bidang politik ditandai dengan tidak adanya intervensi asing dalam menjalankannya. bangkitnya negeri dengan akan sangat terasa dengan peran serta aktif dari berbagai elemen bangsa ini. Kita sebagai insan informatika tentunya tidak akan tinggal diam melihat negeri yg terpuruk dengan berbagai krisis yg tengah melanda ibu pertiwi.

Dikatakan bahwasanya salah satu bentuk kemandirian kita dalam bidang teknologi adalah dengan menggunakan produk opensource. Kenapa? Bukankah akan sama saja saya menggunakan produk close source, toh performance yg dihasilkan tidak jauh berbeda.

Berikut ini hal positif penggunaan produk opensource untuk meningkatkan harkat dan martabat negeri ini.

1. Kemandirian dari pihak luar.

Bagaimana tidak? coba kita perhatikan, apakah ada varian system operasi close source – berbayar dari windows? opensource dengan dibukanya kode program untuk umum, memungkinkan siapa saja termasuk kita, untuk membuat system operasi kita sendiri. Anda dapat mengetahui sebenarnya system operasi itu seperti apa sih? sebagai contoh: dari booting(menghidupkan komputer) sampai shutdown, proses apa saja yg dilakukan. berbeda dengan system operasi close source berbayar itu. pada saat booting kita hanya melihat progress bar yg berjalan terus menerus. Jika suatu saat progress bar itu tidak berhenti, apakah kita tahu apa penyebab dan masalah sebenarnya? ditambah lagi dengan kecemasan sebagian negara beberapa waktu lalu, bahwa intelejen negara US menggunakan windows untuk memata matai kegiatan pemerintah. benar atau tidaknya kita tidak tahu karena apa? kita tidak tahu bangaimana system operasi itu dibuat. meskipun begitu, perusahaan “M$” menunjukkan “sebagian besar” kode programnya pada negara yg dianggap patner strategisnya. sekali lagi “sebagian besar”, dan tidak seluruhnya.

2. Kemandirian ekonomi

Kenapa dikatakan demikian? Karena kalau toh kita membeli system operasi itu, uangnya akan lari ke luar negeri, dengan kata lain kita telah menyumbang uang untuk negara yang memang sudah kaya dan merugikan negara sendiri, mengapa? karena seharusnya uang yg seharusnya masuk ke kantong orang indonesia, yg artinya perputaran keuangan kita akan lebih menggairahkan.

3. Kemandirian mental

Sadar ataupun tidak dengan menggunakan software bajakan merupakan bentuk “membiarkan” diri kita dijajah. betapa tidak, setiap saat kita dengan mudahnya memasukkan “serial number” tanpa rasa bersalah sedikitpun. membiarkan diri kita bergantung dengan software bajakan. Malas belajar “sesuatu yg lain”. bahkan untuk mencobanya pun ogah. apalagi menggunakannya.

Semua itu tidak lepas dari kurang kuatnya kita dalam berusaha. Ya. Berusaha keras untuk mandiri. Memang, jalan menuju kebaikan tidaklah mudah. Penuh keringat dan darah pengorbanan. Tak sedikit yg tumbang karenanya. tapi tidak sedikit pula yg berhasil melewatinya. Lihatlah mereka yang menggunakan software legal. Matikah mereka jika tidak menggunakan software bajakan? Apakah keberkahan rezki dari hasil kita menggunakan software bajakan tidak kita perhatikan? Renungkanlah saudaraku.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: