Beranda > Akademika, Curhat, Penelitian > Penelitian Candi dan Situs Bersejarah : Perjalanan Ketiga

Penelitian Candi dan Situs Bersejarah : Perjalanan Ketiga

Borobudur dari arah barat. Ane sampe rela guling-guling buat ambil gambar ini :DSabtu minggu lalu, setelah mengajar kelas praktikum ane berencana main ke Candi Borobudur untuk mengambil data dan bahan penelitian. Sampe sana sekitar jam 1 siang, panas bukan maen..  Tarif masuk Candi Borobudur cuma Rp. 30.000, kabar naiknya tarif  ke Rp. 37.500 ternyata belum ada kejelasannya, itu kata mbak-mbak yang jaga loket tiket.

Mungkin untuk menghindari resiko keamanan kali ya, untuk masuk ke Candi Borobudur, dibutuhkan tiga pemeriksaan. Bagaimanapun Borobudur adalah salah satu simbol pariwisata Indonesia dan banyak dikunjungi wisatawan asing. Ga mau dong pemerintah tercoreng citranya gara-gara peristiwa yang aneh-aneh. Apa aja pemeriksaannya?

1. Pemeriksaan tiket (ya ea lah…).
2. Pemeriksaan barang bawaan oleh mbak-mbak cantik😀
3. Metal detector.

Setelah masuk, mulai deh ane muter-muter sambil ambil sembarang photo yang kira-kira perlu (pastinya juga ngambil potret diri :p). Wisatawan yang dateng dari mana-mana, ada yang lokal dan mancanegara, berkelompok atau sendiri-sendiri. Fenomena yang lazim ane temui disini adalah wisatawan lokal yang minta foto bareng dengan wisatawan/turis asing (mungkin karena jarang liat dan buat keren-kerenan kali ya).

Yaa.. boleh-boleh aja minta foto bareng wisatawan asing, asal caranya sopan. Soale ane juga banyak nemuin wisatawan lokal yang kurang sopan ketika minta foto bareng. Contohnya: dengan menarik atau mencolek wisatawan asing itu. Belum lagi ada yg berkata kurang pantas dan tidak senonoh. Misalnya dengan mengatakan “hei.. hei.. ada Miyabi tuh, ada Miyabi” pada turis asing asal Jepang sambil cekakaan (ketawa lepas kaya ga punya dosa)? Bukan apa-apa, ane takut kalo nanti turis asing menganggap semua orang Indonesia seperti itu: bodoh, ndeso dan ga punya sopan santun.

Yaa… sudahlah, daripada ane pusing mikirin orang kaya begitu, mendingan ane ngobrol sama Bapak Security yang lagi tugas disitu, itung-itung nambah kenalan dan cari informasi mengenai Candi ini.

Ternyata, jalan-jalan keliling candi cape juga ya?? Ini karena ternyata Candi Borobudur punya luas 15.129 M2 dengan tinggi 31.5 M. Selain itu Candi Borobudur juga punya 504 patung Budha, punya 1300 relief  sepanjang 2.5 KM dan 160 relief lagi pada kaki-kaki Candi Borobudur sengaja ditutup untuk menghindari longsor. Gimana? Wajarkan kalo ane capek?? hehehe…

Oiya, kalo maen ke Candi Borobudur sempetin juga maen ke Candi Mendut dan Candi Pawon. Meskipun ngga satu komplek, jarak mereka dengan Candi Borobudur ngga jauh ko’, cuma 1 KM ke Candi Pawon dan 2 KM ke Candi Mendut.

Nah, ini nih photo hasil jepretan ane di Candi Borobudur:

Borobudur dari arah barat.

Borobudur dari arah barat.

Borobudur dari arah barat. Ane sampe rela guling-guling buat ambil gambar ini :D

Borobudur dari arah barat. Ane sampe rela guling-guling buat ambil gambar ini😀

Borobudur dari arah barat. Ane sampe rela guling-guling buat ambil gambar ini :D

Borobudur dari arah barat. Ane sampe rela guling-guling buat ambil gambar ini😀

542587_10200271128414948_697363903_n

Borobudur Relief

Borobudur Relief

Borobudur Relief

Borobudur Relief

 Hamparan rumput disebalah barat Borobudur

Pohon ini umurnya sudah sangat tua. Ia menjadi saksi bisu pertemuan Perdana Menteri India Jawaharlal Nehru+Keluarga serta Bung Karno+Keluarga.

Pohon ini umurnya sudah sangat tua. Ia menjadi saksi bisu pertemuan Perdana Menteri India Jawaharlal Nehru+Keluarga serta Bung Karno+Keluarga.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

