Beranda > Nasehat, Sejarah > The Smiling General

The Smiling General

The Smiling General Suharto

The Smiling General Suharto

Hanya orang yang tidak paham sejarah yang menginginkan Indonesia kembali lagi ke zamannya. Memang pada awalnya, ia datang dengan membawa harapan akan Indonesia yang lebih baik. Maklumlah, waktu itu inflasi Indonesia hingga mencapai 800%. Bisa dibayangkan jika keadaan tahun 60an dibawa ke zaman ini, maka harga 1 liter bensin bisa mencapai Rp.36.000.

Indonesia terlihat makmur dibanding dengan Orde Lama karena pada APBN yg baru, 3/4 bagiannya disusun dari hutang asing, sesuatu yg sangat Sukarno hindari. Go to hell with your aid, begitu ucap Sukarno pada Amerika, IMF dan kroco2nya waktu itu.

Dibawah Suharto, lintah darat IMF masuk. Maling dan garong dalam bentuk perusahaan pun tidak ketinggalan merampok kekayaan alam Indonesia. Freeport dan Exxon adalah diantaranya. Bayangkan, Indonesia hanya kebagian < 1% untuk kontrak karya penggalian gunung emas Papua. Itupun hilang entah kemana. Jangan tanya apa yg diberikan Freeport untuk rakyat Papua, tidak ada sama sekali! Bayangkan, daerah paling kaya di Indonesia adalah daerah paling miskin. Coba, bagaimana perasaan anda jika anda menjadi orang Papua?

Kehidupan politik juga tidak jauh berbeda dengan Orde Lama. Bila anda mengatakan Indonesia lebih baik pada saat sang Jendral memerintah adalah sebuah kesalahan besar. Kalau hari ini anda berani mengkritik pemerintah, bisik-bisik atau terang-terangan, lewat media massa maupun media sosial, dijamin besok anda hanya tinggal nama.

Perlahan namun pasti, semua orang yg menghalangi sang Jendral memperoleh kekuasaan absolut, segera disingkirkan.

Bagaimana? Masih ingin kembali ke masa itu?

  1. hitokiri bathosai
    12 Januari 2014 pukul 5:52 am

    Sy msh menginginkan jaman orba..saat itu tdk prnh ada teroris,negara lain tdk ada yg brani menyentuh RI,hrga sembako murah2
    Km aja yg bloon yg cm liat kekurangan pak harto..beliau patut diacungi jempol
    U..go too hell fuck man
    Remember,, no bodys perferct

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: