Beranda > Curhat, Motivasi > Developer : Dengarkan Suara Hati Kami

Developer : Dengarkan Suara Hati Kami

Programmer Begadang

Ketika user mendapat kemudahan dan kenyamanan menggunakan aplikasi, itu menunjukkan keberhasilan atas kerja keras developer dan programmer. User dapat berterima kasih kepada mereka dengan cara tidak membajak hasil karya para programmer. Membayar lisensi adalah salah satu bentuk penghargaan kepada mereka, agar mereka dapat terus menghasilkan karya yang berkualitas.

Menjadi developer bukan hal yang mudah. Jika anda tidak percaya, kami tidak keberatan jika kalian menggantikan pekerjaan kami barang 1 hari saja. Saya jamin, hari itu juga anda langsung pusing, mual dan jatuh sakit. Karena tidak sanggup menanggung beban pikiran yang teramat berat.

Untuk menciptakan sebuah aplikasi software diperlukan perjalanan yang panjang. Kami mulai dengan analisa, desain aplikasi, memikirkan algoritma yg tepat, implementasi kode program dan basis data, testing software, dll. Kesemuanya membutuhkan konsentrasi, pemikiran mendalam, bahkan emosi seringkali juga terlibat. Tentu saja waktu yang dibutuhkan tidak sedikit, tidak hanya cukup 1-2 bulan. Pun, disaat kalian pulas tertidur dan bercumbu dengan mimpi indahmu, seringkali kami masih terjaga menguatak-atik source code supaya dapat berjalan dengan sebaik-baiknya.

Faktor ekonomi dan kurang terbiasa (familiar) adalah dua alasan klasik yang dijadikan tameng bagi seseorang untuk enggan segera beralih dari penggunaan software ilegal.

Padahal yang dibutuhkan hanyalah niat (untuk beralih) dan belajar sedikit lebih giat. Bukankah pertama kali belajar komputer dengan software bajakan dulu juga terasa sulit? Jika tidak bisa total (masih ada ketergantungan) beralih dari software ilegal ke software legal, paling tidak kita bisa mencicil.

Misalnya mengganti software Microsoft Office dengan OpenOffice atau LibreOffice, beralih dari WinRar atau WinZip ke 7zip, dari Photoshop ke GIMP, dari Dreamwaver ke Bluefish, dari Microsoft Visual Studio ke Mono Develop dan seterusnya. Saya yakin semua aplikasi berbayar telah memiliki pedanan yang seimbang di Open Source.

So, jika anda peduli akan hal ini, berhentilah membajak software. Dan menjadi manusia yang menghargai kerja keras orang lain.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: