Beranda > Akademika > HTML vs PHP Mana yg Lebih Baik?

HTML vs PHP Mana yg Lebih Baik?

HTML vs PHP

HTML vs PHP

Materi kuliah Pemrograman Web mencakup pembahasan mengenai HTML, CSS dan PHP. Cara penyampaiannya pun selalu berurutan, yaitu HTML, CSS baru kemudian PHP. Ketika telah sampai pada titik PHP, dimana pemrograman web dinamis mulai diajarkan, seringkali mahasiswa terpancing untuk bertanya: “Pak (percayalah, ane masih muda :p), kita sudah belajar mengenai HTML dan PHP, keduanya dipake dalam pemrograman web, tapi diantara mereka ini mana yg lebih baik?”

Apa jawabnya? HTML & PHP bukan dalam posisi yg dapat dibandingkan. Membandingkan mereka ini sama saja dengan membandingkan posisi laki-laki dan wanita dalam kehidupan sehari-hari. Jika ada orang yg bertanya: “Mana yg lebih baik, laki-laki atau wanita?”. Jawabannya adalah tidak ada yg lebih baik. Laki-laki dan wanita tidak dalam posisi yg dapat dibandingkan, karena mereka ini saling melengkapi, bukan untuk dibanding-bandingkan.

Jika anda menjawab yg lebih baik adalah laki-laki karena kekuatan fisiknya, lalu apakah semua pekerjaan dapat dilakukan laki-laki? Mengandung misalnya? Bisakah laki-laki mengandung? Itu hanya secuil contoh dari banyak pekerjaan yg tidak bisa laki-laki kerjakan dengan kekuatan ototnya saja.

Begitu juga dengan HTML & PHP, mereka saling melengkapi. HTML bertugas menyediakan antarmuka, tampilan dan desain yang langsung berinteraksi dengan pengguna web. Sementara PHP bertugas menangani permintaan pengguna, mengolah basis data, berinteraksi dengan sistem operasi, meng-upload photo, video, dan lain sebagainya.

Secanggih apapun PHP, sampai kapanpun ia tidak dapat membuat layout dan desain web. Begitu juga dengan HTML, sebagus apapun desain halaman web kita, jika tidak ada operasi tingkat lanjut (menyimpan data, upload photo, dsb) website tersebut hanya menjadi hiasan, tanpa fungsi sama sekali.

Nah, kalau mau membandingkan PHP, lebih baik dengan bahasa pemrograman lain, misalnya: Java, Perl, Python, Scala, ASP, dll. Lagi pula HTML bukan bahasa pemrograman ini khan😀. Ya, HTML bukanlah bahasa pemrograman, karena dia tidak punya aturan-aturan berkaitan dengan percabangan misalnya, perulangan, object oriented programming, dsb.

So, dari pamaparan tadi, ente sudah bisa menarik sendiri kesimpulan hubungan antara HTML & PHP tho? Hehehe… Selamat belajar ^^

  1. 10 Oktober 2013 pukul 12:50 pm

    bisa di pahami dengan baik pak penjelasan di atas,,,😀
    HTML dan PHP itu saling dukung, oh iya pak, kalo pertanyaan nya di rubah, adakah pengganti HTML untuk melakukan fungsinya sebagai penyedia antar muka ?

    • 10 Oktober 2013 pukul 3:32 pm

      Mmm… menurut ane kagak ada. Kalo ada yg jawab CSS, menurut ane kurang tepat. CSS berguna untuk menyempurnakan penyajian layout dan desain, bukan menggantikan HTML. Artinya, CSS tetap memerlukan HTML sebagai kerangka kerjanya. Tanpa HTML, CSS is nothing. Jadi HTML tetap komponen utama penyedia antarmuka pengguna. Begitu kira-kira😀

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: