Beranda > Akademika, Curhat, Linux > Mengatasi Bad Sector pada Linux

Mengatasi Bad Sector pada Linux

Harddisk Bad Sector

Harddisk Bad Sector

Jadi kemaren sewaktu ngajar dikelas, seperti biasa ane hidupkan laptop untuk presentasi. Sambil hidupkan laptop ane tinggal keluar sebentar buat cuci muka (Jogja gerah Bro belakangan ini). Kira-kira 5 menit setelah itu ane balik lagi ke kelas. OK, sampe tampilan login keliatannya ini openSUSE Linux ga ada masalah. Setelah masukkan username dan password, mulai muncul keganjilan. Ini sistem ko’ jadi lemooooottt banget, padahal baru sampe tampilan splashscreen, belum masuk ke desktop >.<

Ane pikir ini cuma insindental (bahasa alay ala Vicky) atau kebetulan belaka, mungkin aja kalo ane restart bakal beres ( kebiasaan ga mau repot :p ). OK ane coba restart. Dan apa yg terjadi sodara-sodara?? Yakk, ternyata kejadian yg sama terulang -_-, masih lemott.. restart lagi, masih sama. restart lagi, sama lagi.. Hmm.. Mungkin memang ada yg ga beres nih.

OK, sebagai orang yg pernah jadi sistem administrator ( cie ileh😀 ), ane berusaha tenang ( ga boleh panik Bro!). Ane coba cari penyebabnya. Yg pertama kali ane liat adalah log system. Lewat konsole di TTY1 ane ketikkan:

# tailf /var/log/messages

Untuk melihat apa yg terjadi, ane kemudian login ulang. Ane masukkan username dan password. Kemudian ane liat pesan apa aja yg mungkin muncul sebagai biang kerok. Karna muncul berulang-ulang, ini yg ane curigai sebagai biang keroknya:

Bad Sector

Bad Sector

Ohh,, bad sector rupanya. Ane udah curiga, karna memang tadi pagi mati lampu dengan laptop dalam keadaan tidak memakai batrey (kalo dirumah batrey dilepas supaya awet ^^). Ane jg inget kalo komputer server di Lab Pemrograman Web jg lemot gara-gara bad sector. Cuma ane belum tahu, laptop ane ini bad sector logic atau fisik. Kalo hanya dengan install ulang masalah ini selesai, berarti bad sector logic. Tapi what? Harus install ulang? Ogah ah, Rugi besar! Rugi waktu konfigurasi yg udah manteb, rugi update paket software, rugi ini, rugi itu dan rugi-rugi lainnya. Belum lagi revisi tesis belum kelar >.< (malah curhat -_-, hahaha…)

Bad Sector

Bad Sector

Baiklah, ane gunakan tools sakti bawaan linux buat perbaiki file system: fsck.ext3, begini perintahnya:

# fsck.ext3 /dev/sda7

Dan outputnya kira-kira begini:

e2fsck 1.42.4 (12-June-2012)
openSUSE: clean, 50626/820800 files, 355505/3276800 blocks

Loh, baik-baik aja kog, itu kata sistem. Aneh! Padahal jelas-jelas ada yg bermasalah.. *Sementara itu* tik.tok.tik.tok.tik.tok… Wah, ane lupa kalo lagi dikelas. Wkakaka.. Itu mahasiswanya dianggurin :p, Waduh, sempet bingung juga gimana mau demo program PHP nantinya kalo ga pake laptop, untung ada mahasiswa yg mau pinjemin laptopnya. Thx ya Mas Fikri ^^, OK deh ane sambung lg masalah bad sector ini ntar malem.

———————————————— .oOXOo. ————————————————

OK malemnya, ane gunakan perintah yg lebih “memaksa” sistem untuk bener-bener ngecek keseluruhan file sistem dg:

# fsck -cvvk /dev/sda7

Dan hasilnya memang ditemukan beberapa block harddisk yg bermasalah. Sistem kemudian memperbaiki block yg rusak tersebut. Tapi ada konsekuensinya: block yg rusak tersebut akan ditimpa dengan block yg masih bagus. Akibatnya, mungkin ada file yg hilang! Tapi buat ente yg ga terlalu mempermasalahkan hal tersebut (yg penting sistem mau bekerja seperti sediakala), yowes jalan wae😀

Huft.. akhirnya kelar jg. Oiya, prosesnya akan sanggaattt lama (sampe ane tinggal tidur), jadi cari waktu yg pas buat benerin. Hope, ini tidak terjadi pada ente, kalo memang takdirnya terjadi, coba deh pake cara diatas. Kalo masih belum bisa juga, coba pake perintah ini:

# e2fsck -c /dev/sda7

NB: Untuk menggunakan tool fsck, fsck.ext3 atau e2fsck ente harus gunakan Live CD. Kalo di openSUSE udah ada menu recovery tools tersendiri ( mangkanya, pake openSUSE :p ), jadi ga perlu repot. Hehehe.. Sukses ya!

  1. 22 Oktober 2013 pukul 2:17 am

    aah, ternyata, hal simple yang tersepelekan😀

  2. 22 Oktober 2013 pukul 9:18 am

    Reblogged this on Fery Ardiant's Blog and commented:
    mantab & gak perlu repot kayak di OS sebelah :v
    & kebetulan qu juga lagi ada masalah ama HDD internal qu, so boleh2 nih dicoba😉

    Thanks btw ^_^

  3. 22 Oktober 2013 pukul 9:19 am

    Thanks pak! ane coba dulu, kebetulan ane jg punya masalah yg sama..

  4. glam
    23 Oktober 2013 pukul 4:10 am

    wah, bagus ini, bookmark dulu.
    tapi mudah-mudahan takdir ini tidak terjadi pada saya.😀

  5. 11 November 2013 pukul 11:41 am

    hhahah.. itu yang dikelas pwl 5 y pk.
    langsung curhat😀

  6. 17 Oktober 2014 pukul 5:54 am

    hebat sekali, apa bisa di lakukan pada puppy n mint y???

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

