Beranda > Inspirasi, Motivasi, Nasehat > Ilmu Lebah

Ilmu Lebah

Lebah

Lebah

Lebah, makhluq ini memang eksotis. Makhluq ini bahkan diabadikan namanya menjadi salah satu surah dalam kitab suci Al Qur’an, An Nahl, sebagai ibrah bagi setiap manusia. Beberapa pelajaran yang dapat kita ambil dari lebah adalah:

1. Lebah hanya mengambil intisari dari bunga yang baik. Begitu juga seorang muslim diharapkan mendapatkan rizqi dari jalan yg halal dan baik.

2. Lebah menghasilkan madu yang memiliki banyak manfaat dan khasiat. Begitu jg seorang muslim, diharapkan setiap kata yang keluar dari mulutnya adalah hal yang bermanfaat saja.

3. Lebah hinggap dari satu dahan ke dahan lain, dari satu bunga ke bunga yang lain, tanpa merusak bunga atau mematahkan dahan mereka. Begitu juga seorang muslim, seorang muslim hadir dimana saja membawa manfaat disetiap tempat dan komunitas dimana ia berada.

4. Lebah hadir dengan memberi manfaat kepada bunga yang dihinggapinya, ia membantu proses penyerbukan pada tanaman. Lebah tidak mengusik makhluq lain, namun jika diusik ia akan memburu pengusik kemanapun ia pergi, walaupun orang itu masuk sungai, tetep ditungguin. Ia bahkan berani mati untuk membela diri, karna kalau sudah menyengat, dapat dipastikan lebah tersebut tidak lama lg akan mati. Begitu jg dengan ummat Islam, jika tidak diusik kehormatan dan aqidahnya ia akan menghormati orang lain. Namun jangan sekali-kali mengusik, jika perlu nyawapun dikorbankan untuk membela kehormatan dan kepercayaannya.

Duhai manusia, sudah kah kita belajar hal besar dari makhluq yang kita anggap kecil ini? Sudahkan kita mencontohnya dalam kehidupan sehari-hari?

  1. 25 November 2013 pukul 2:44 am

    Reblogged this on innafairly20.

  2. hamba allahn
    3 Januari 2015 pukul 3:06 pm

    semua sudah ada di propolis😀

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: